Ukuran Lapangan, Gawang, dan Bola Sepakbola

Waktu pelajaran olahraga, tentu kamu sudah mempelajari materi bola besar bukan? Pasti bayanganmu langsung tertuju pada permainan sepakbola dengan lapangan hijau dan garis warna putih. Tahukah kamu? ukuran lapangan sepak bola, gawang, dan ukuran bola ternyata ada aturannya.

Tiap-tiap bagian dari lapangan sepak bola akan memiliki ukuran sendiri-sendiri. Namun, selain mengetahui ukuran dari lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola, bolehlah sedikit kita membahas hal lain seputar sepak bola itu sendiri.

Sekilas Tentang Sejarah Sepak Bola

Tenang, kita tidak akan membahas sejarah sepak bola secara utuh. Lagi pula, dengan mengetahui sejarah sepak bola juga tidak akan terlalu berpengaruh terhadap jumlah gol yang akan kamu cetak. Akan tetapi, meski sedikit, kita juga harus tahu sekilas perjalanan dari permainan tendang menendang bola yang satu ini.

Sepak bola mulai muncul pada abad ke-2 sebelum masehi di daratan Tiongkok. Sementara itu. Perkembangan sepak bola modern berawal di Inggris dan mulai digemari oleh banyak kalangan. 

Pada awal perkembangannya, yakni tahun 1365, permainan ini sempat dilarang oleh raja Edward III. Kok bisa? Hal ini disebabkan lantaran permainan ini dapat menimbulkan banyak kekerasan.

Namun, pada 5 abad setelahnya, permainan ini populer kembali dan menjadi salah satu olahraga yang paling diminati. Pada tahun-tahun ini, peraturan dalam permainan sepak bola juga mulai diketatkan dan masih berlaku hingga sekarang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Permainan sepak bola memiliki ukuran lapangan yang sudah disepakati bersama. Untuk ukuran lapangan sepakbola nasional sama dengan ukuran lapangan pada pertandingan sepak bola internasional. Begitu juga dengan ukuran gawang dan kotak penalti.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola internasional menurut FIFA yaitu 100-120 x 45-90 meter.

  • Panjang lapangan sepak bola antara 100 – 120 meter
  • Lebar lapangan sepak bola 45 – 90 meter.
  • Lingkaran di tengah lapangan memiliki ukuran jari-jari 9,15 meter.
  • Tinggi gawang sepak bola yaitu 2,44 meter
  • Lebar gawang sepak bola 7,32 meter.
  • Ukuran kotak penalti 40 x 16,5 meter.
  • Ukuran daerah tendangan gawang adalah 18,3 meter x 5,5 meter
  • Jarak tendangan penalti yaitu 11 meter yang dihitung dari garis gawang

Di area penalti kiper dapat menangkap bola menggunakan tangan dan menentukan pelanggaran yang memperoleh hadiah tendangan penalti.

Ukuran Bola Sepakbola

Ukuran Bola Sepak Bola

Seperti yang sudah kita ketahui, bentuk bola sepak adalah lingkaran. FIFA telah menentukan ukuran bola sepak bola yaitu keliling lingkaran minimal 68 cm dan maksimal 71 cm. Artinya, diameter bola sepak adalah sekitar 21 sampai 22,5 cm.

Sedangkan untuk berat bola sepakbola adalah antara 410 gram hingga 450 gram.

Ada juga ukuran lainnya yang biasanya digunakan untuk pertandingan di level junior.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Seperti yang kita ketahui, permainan sepak bola bertujuan untuk memasukkan gol sebanyak-banyaknya di gawang lawan. Itu artinya, permainan sepak bola terdiri atas dua tim yang saling berebut bola untuk memperoleh kemenangan. Dalam setiap tim, terdapat 11 anggota yang terdiri dari dari kapten, gelandang, back, kiper, dan lainnya.

1. Lama Waktu Kiper Memegang Bola

Ngomong-ngomong soal kiper, apakah kamu tahu? Ternyata kiper hanya memiliki kesempatan memegang bola selama 6 detik saja. Apabila melebihi waktu tersebut, maka kiper akan mendapatkan kartu kuning. Adanya peraturan ini tentu saja bertujuan untuk menghemat waktu.

2. Lama Permainan Sepakbola

Permainan sepak bola memiliki durasi permainan 2 x 45 menit dengan tambahan waktu istirahat selama 15 menit. Apabila poin perolehan dari kedua tim adalah seri, maka waktu permainan akan ditambah 2 x 15 menit.

Sementara itu, apabila masih sama-sama kuat, biasanya akan diadakan penalti untuk menentukan tim mana yang akan lanjut ke babak berikutnya.

3. Kartu Kuning

Mengingat banyaknya tragedi yang ditimbulkan dari permainan ini, maka permainan sepak bola modern mulai menetapkan aturan kartu. Kartu kuning digunakan jika pelanggaran termasuk pelanggaran ringan.

Biasanya, akan diberikan pada pemain yang tidak sportif dan secara terus menerus melakukan pelanggaran ringan atau keluar masuk tanpa seizin wasit.

4. Kartu Merah

Kartu merah diberikan apabila pemain melakukan pelanggaran berat. Seperti, menyebabkan cedera parah, menyentuh bola dengan tangan kecuali penjaga gawang, menggunakan bahasa atau gerakan tubuh yang bersifat menantang, dan lain-lain.

Demikian pembahasan sekilas tentang ukuran lapangan sepak bola, dan ukuran bola sepakbola serta peraturannya. Apakah kamu belajar hal baru hari ini? Sekian dan tetap jaga kesehatan dengan rajin olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *