Definisi TOEIC dan Alasan Mengapa TOEIC itu Penting

Istilah TOEIC (Test of English for International Communication) mungkin masih sedikit asing di telinga kamu. Saat ini banyak perusahaan menjadikan TOEIC sebagai salah satu penilaian saat merekrut karyawan. Sebenarnya apa definisi TOEIC? Dan mengapa TOEIC itu penting? 

Apa Itu TOEIC?

Definisi TOEIC

Definisi TOEIC adalah tes kemampuan bahasa inggris untuk mereka yang ingin bekerja di perusahaan luar negeri. Setelah mendapatkan ijazah TOEIC, maka kamu telah memenuhi standar untuk bekerja dalam lingkup kerja internasional. 

Perbedaan TOEIC dan TOEFL 

Sama-sama menguji kemampuan berbahasa Inggris apa perbedaan dari TOEIC dan TOEFL? Seperti yang sudah diketahui, TOEIC adalah tes menguji kemampuan berbahasa Inggris untuk tujuan pekerjaan. 

Sedangkan TOEFL dikhususkan untuk jenjang persyaratan akademik yang lebih fokus pada bahasa Inggris secara lebih umum. 

Baca juga: Apa itu Ghosting?

Mengapa TOEIC itu Penting? 

Mengapa TOEIC itu Penting

Berikut alasan mengapa kamu perlu mengikuti tes TOEIC.

1. Syarat untuk Bekerja pada Perusahaan Asing

Tujuan tes TOEIC adalah untuk mendapatkan pekerjaan dengan taraf internasional. Para calon pelamar biasanya dituntut untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris mereka sesuai dengan level pada perusahaan tersebut.

Pekerjaan yang membutuhkan sertifikat TOEIC biasanya mengharuskan para pelamarnya untuk memiliki skor TOEIC 450. Sedangkan tes TEOIC sendiri dibagi dalam dua yaitu listening dan reading dengan durasi tes kurang lebih 2 jam.

TOEIC sangat penting untuk dunia industri saat ini. Perusahaan semakin banyak berhubungan dengan perusahaan dari luar negeri. Oleh karena itu, penting sekali memiliki karyawan yang bisa memahami bahasa inggris.

2. Sebagai Syarat Masuk Perguruan Tinggi

Standar masuk perguruan tinggi kini juga mulai menggunakan sertifikat TOEIC. Tes TEOIC ini juga menjadi syarat dasar dalam menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris tingkat SMK ataupun SMA. 

3. Pengajuan Visa untuk Pendatang di Luar Negeri

Selain untuk pekerjaan, TOEIC juga dibutuhkan saat pengajuan Visa bagi yang ingin menetap di Amerika. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk tinggal dan bekerja di Amerika, maka harus mengantongi sertifikat TOEIC.

Tips Mengikuti Tes TOEIC

Sebelum mengikuti tes TOEIC ketahui terlebih dahulu sejauh mana level bahasa Inggris kamu. Ini meliputi grammar, intonasi dan pelafalan berbahasa Inggris kamu selama ini. 

Perbanyak latihan melafalkan aksen bahasa Inggris dengan tidak menggunakan aksen gaul. kamu juga bisa mengikuti les bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan kamu. 

Intonasi menjadi salah satu penentu tinggi dan tidaknya nilai dari tes TOEIC yang kamu lakukan. Untuk itu, kamu perlu mengasah intonasi dan pelafalan agar tidak terkesan monoton.

Biaya Tes TOEIC dan Skornya

Biaya Tes TOEIC

Banyak yang bertanya tentang biaya tes TOEIC baik secara online maupun offline. Untuk mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris ini dibutuhkan biaya sekitar 1,5 juta rupiah.

Tes TOEIC biasa dilakukan pada lembaga-lembaga yang biasa mengadakan tes ini. Lemabaga ini biasanya mengadakan tes secara online mapun secara offline. 

Kamu tidak boleh asal dalam memilih lembaga yang mengadakan tes atau menerbitkan sertifikat TOEIC. Karena jika kamu salah pilih bisa saja sertifikat kamu tidak diakui atau tidak valid.

Sedangkan untuk skor TOEIC untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah sebagai berikut: 

  • 905 hingga 990: memiliki kemahiran internasional 
  • 785 hingga 900: memiliki kecakapan kerja plus 
  • 605 hingga 780: memiliki kecakapan kerja sedikit terbatas 
  • 405 hingga 600: tingkat kemahiran dasar plus 
  • 255 hingga 400: Kecakapan level dasar 
  • 10 hingga 180: Sama sekalu tidak mempunyai kemahiran yang bisa digunakan 

Selain alasan diatas, tes TOEIC juga sekaligus sebagai senjata untuk mengikuti pesatnya perkembangan dunia kerja. Dengan kata lain, kamu sudah berada pada taraf profesional dengan memiliki sertifikat TOEIC. 

Sekarang sudah tahu kan definisi TOEIC dan mengapa TOEIC itu penting? Yuk segera upgrade kemampuan bahasa Inggris kamu dengan mengikuti tes TOEIC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *