Permainan Bola Kecil

15 Macam Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Diposting pada

Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan cabang olahraga yang menggunakan bola, bukan? Namun, tahukah kamu? Cabang permainan bola sendiri terbagi menjadi dua, yaitu permainan bola kecil dan bola besar. 

Sepak bola, basket, dan voli termasuk dalam kategori bola besar. Lalu, bagaimana dengan bola kecil?

15 Daftar Permainan Bola Kecil

Contoh permainan bola kecil adalah bulu tangkis, tenis meja, golf, dan beberapa yang lainnya. Nah, berikut ini daftar selengkapnya.

1. Tenis Meja 

Macam macam Permainan Bola Kecil

Pasti kamu sudah tidak asing dengan permainan seperti bulu tangkis namun arenanya berada di atas meja persegi panjang, bukan? Yaps, permainan tersebut disebut dengan tenis meja.

Bola yang digunakan umumnya berwarna kuning kecil, lebih kecil dari telur.

Satu set permainan tenis meja akan berakhir jika salah satu pemain telah memperoleh 11 poin, baik pemain ganda maupun tunggal. Sejarah tenis meja dimulai saat Tenis Meja ditemukan oleh E.C Goode.

Pada 15 Januari 1926, organisasi tenis meja internasional atau International Table Tennis Federation (ITTF) dibentuk.

Di Indonesia sendiri organisasi tenis meja dibentuk pada 1939 dengan nama Persatuan Ping-Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Pada tahun 1958, nama organisasi tenis meja indonesia ini diubah menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

2. Tenis Lapangan

Tenis

Tenis Lapangan memiliki cara kerja yang mirip-mirip dengan tenis meja. Permainan yang satu ini menggunakan raket untuk memukul bola agar bola memantul ke lapangan, alih-alih menggunakan bet atau raket kecil seperti pada tenis meja. 

Tujuan tenis lapangan adalah memukul bola dengan menggunakan raket hingga lawan tak dapat mengembalikan bola. Selain itu juga bertujuan untuk mempertahankan daerah sendiri dari serangan pihak lawan.

3. Baseball

Baseball

Pernah mendengar yang namanya Bisbol? Bisbol memiliki istilah lain secara internasional yaitu Baseball. Baseball merupakan salah satu jenis permainan bola kecil dengan pemain regu. Permainannya terdiri dari dua regu dengan tiap-tiap regu beranggotakan sembilan pemain. 

Permainan ini bertujuan mempertahankan tim agar tetap menjadi tim pemukul bola atau batting untuk memperoleh kemenangan dalam pertandingan.

Lama permainan baseball sekali game adalah 9 inning. 

Terdapat 4 teknik dasar dalam permainan baseball, seperti teknik melempar, memegang stick, menangkap bola, dan memukul bola.

Secara umum, stick yang digunakan adalah tongkat berbahan dasar kayu yang berukuran 1,06 meter. Stick tersebut juga memiliki berat sekitar 145 gram dan berbentuk lingkaran dengan keliling 23 cm.

4. Softball

Softball

Macam macam permainan bola kecil selanjutnya yaitu softball. Softball dapat dikatakan sebagai pengembangan dari baseball. Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah ukuran bola yang digunakan.

Permainan softball menggunakan bola yang lebih besar, yang mana diameter bolanya mencapai 28 – 30,5 cm.

Softball diprakarsai oleh tokoh bernama George Hancock di Amerika Serikat pada tahun 1887. Permainan softball sendiri pertama kali dimainkan di Chicago, Amerika Serikat.

Seiring dengan pesatnya perkembangan, dibentuklah International Softball Federation) untuk mengatur segala permasalahan mengenai Softball.

5. Kriket

Contoh Permainan Bola Kecil

Apakah kamu baru mendengar Kriket? Di Indonesia, kriket sebenarnya mirip-mirip dengan permainan kasti. Perbedaannya terdapat pada pemukul.

Pada bola kasti, pemukul harus mengelilingi lapangan setelah memukul, sedangkan pada kriket pemukul hanya berlari bolak-balik di dalam pitch. 

Dalam permainan kriket terdapat dua regu dan tiap-tiap regu terdiri dari sebelas pemain. Bola yang digunakan dalam permainan kriket memiliki diameter 224 – 229 mm dan dengan berat 156 – 163 gram.

Selain bola, lapangan yang digunakan untuk permainan ini memiliki ukuran diameter 90 – 100 meter dengan bentuk oval atau melingkar.

6. Golf

Golf

Golf merupakan salah satu permainan yang disukai oleh orang-orang kelas atas. Bukan tanpa sebab, meski harga peralatan yang digunakan dalam permainan ini cukup terjangkau, tapi biaya sewa lapangan golf lah yang cukup mahal.

Biaya sewa yang mahal tersebut disebabkan karena lapangan yang digunakan umumnya cukup luas. 

Bola yang digunakan dalam golf dipukul menggunakan satu set tongkat pemukul yang biasa disebut dengan klab atau stik golf. Bola tersebut dipukul ke dalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya.

7. Badminton atau Bulu Tangkis

Bulu Tangkis

Kamu pasti juga sudah mendengar istilah badminton, bukan? Badminton memiliki sebutan lain yaitu bulu tangkis. Permainan ini sebenarnya mirip permainan tenis meja maupun tenis lapangan.

Terlebih lagi tujuan dari ketiga permainan ini sama-sama untuk memukul bola (dalam bulu tangkis menggunakan kock) dengan alat pemukul yang bernama raket. 

Pada tahun 1854, permainan bulu tangkis ini begitu populer di kalangan masyarakat Inggris.  Seiring dengan perkembangannya dibentuklah International Badminton Federation atau IBF pada tahun 1934.

Federasi tersebut diubah namanya menjadi Badminton World Federation pada tahun 2006.

8. Billiard

Billiard

Beberapa orang mungkin belum terlalu mengenali salah satu jenis permainan bola kecil yang satu ini. Billiard ditemukan pada tahun 1600 an dan populer di kalangan orang Inggris pada tahun 1675.

Seiring dengan kepopulerannya, sampai-sampai diterbitkan buku peraturan mengenai permainan billiard. 

Billiard atau dalam istilah Indonesia disebut dengan permainan bola sodok termasuk dalam kategori permainan konsentrasi. Dalam permainan billiard, dibutuhkan pemahaman dan ketahanan dalam mental yang benar.

Selain itu juga harus didorong oleh kemampuan fisik prima untuk konsentrasi lebih baik dan stabil. 

9. Sepak Takraw

Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan salah satu contoh permainan bola kecil yang menggabungkan antara sepak bola dan bola voli. Nama takraw ini berasal dari bahasa Thailand.

Permainan ini umumnya dapat dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan peraturan para pemain tak boleh menyentuh bola dengan tangan. 

Sepak takraw atau dalam bahasa melayu disebut dengan ‘’sepak raga’’ ini terdiri dari dua tim. Masing-masing tim terdiri dari tiga pemain.

Di Indonesia, dibentuk sebuah organisasi sepak takraw yang bernama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia atau PERSERASI pada tahun 1971.

10. Hockey atau Hoki

Olahraga Hockey

Hoki sendiri dikatakan berasal dari Mesir kuno, tetapi terdapat sebuah pendapat cukup kuat yang mengatakan kalau olahraga ini berasal dari Inggris.

Induk organisasi hoki atau hockey pertama dibentuk pada tahun 1886 dengan nama English Hockey Association yang dibentuk di Inggris. Permainan hoki baru mulai menyebar ke Eropa pada tahun 1890-an 

Bentuk permainan hoki atau hockey ini sebenarnya  hampir sama dengan permainan sepak bola yaitu mencetak gol. Permainan hoki dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan dengan menggunakan stok dan bola.

11. Tolak Peluru

Tolak Peluru

Tolak Peluru merupakan sebuah cabang olahraga bola kecil. Permainan ini dilakukan dengan cara mendorong atau menolak bola besi. Bola besi tersebut berbentuk bulat (peluru) yang memiliki bobot tertentu. 

Organisasi induk permainan tolak peluru dibentuk dengan nama International Amateur Athletic Federation atau IAAF. Olahraga Tolak peluru mulai diperlombakan dalam skala besar di Athena, Yunani pada tahun 1896.

Semakin populer lagi pada tahun 1950 sejak diperkenalkan oleh Parry O’Brien dengan teknik melempar atau menolak pelurunya. 

12. Tenis Dinding atau Squash

Tenis Dinding

Tenis dinding merupakan sebuah permainan yang melibatkan dua orang pemain dalam sebuah ruangan tertutup. Cara memainkannya adalah dengan saling membalas memukul bola tenis ke sebuah sisi ruangan yang menghadap ke kedua pemain tersebut. 

Permainan tenis dinding membutuhkan beberapa alat seperti raket squash, bola squash, dan tak ketinggalan lapangan yang digunakan. Cabang bola kecil ini dikenal juga dengan nama Squash.

13. Karambol

Karambol

Karambol merupakan permainan yang menggunakan meja sebagai media permainannya. Karambol sendiri sebenarnya dapat dianggap sebagai modifikasi dari permainan billiard.

Peralatan yang diperlukan dalam permainan ini meliputi bola karambol, meja karambol, dan bubuk atau bedak. Cara kerjanya hampir sama dengan permainan biliard.

Mulai dari mengumpulkan bola karambol di tengah lapangan. Dari pinggir meja, pemain menyentuh bola karambol dan harus mengenai bola-bola yang berada di tengah.

14. Larcrosse

Lacrosse

Lacrosse merupakan sebuah permainan yang banyak dimainkan di Australia, Kanada, Hongkong, dan Amerika. Permainan ini menggunakan bola dan tongkat berjaring dengan sepuluh pemain dalam satu tim dan terdiri dari dua tim. 

Peralatan penting yang harus ada dalam permainan ini seperti bola, stick atau tongkat lacrosse, tas, dan helm Lacrosse. Permainan ini dilakukan di sebuah lapangan dengan dua buah gawang.

Satu kali permainan terdiri dari empat babak, yang mana setiap babak berdurasi tiga puluh menit. Mekanisme permainan ini mirip dengan sepak bola.

15. Rounders

Olahraga Rounders

Permainan yang muncul di Inggris sejak zaman Tudor ini mirip dengan permainan kasti lainnya. Seperti dalam hal melempar bola, menangkap, dan memukul bola.

Rounders memiliki organisasi induk yang bernama National Rounders Association yang dibentuk pada 1943. Rounders masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Belanda dan terus berkembang sampai sekarang.

Pertama kali kejuaraan Rounders di Indonesia yaitu pada tahun 1967 di Jakarta.

Kesimpulan

Tak hanya bola besar yang populer di kalangan olahragawan, olahraga cabang bola kecil juga banyak dimainkan dan menjadi favorit banyak orang. Terbukti dengan banyaknya jenis-jenis cabang olahraga bola kecil yang ada.

Cukup sekian pembahasan macam-macam permainan bola kecil dan gambarnya. Apa olahrga bola kecil favorit kamu? Komen di bawah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *