Cara Membersihkan Brush Make Up Agar Awet

Diposting pada

Tahukah kalian bahwa brush make up menjadi sarang bakteri jika jarang di bersihkan? Lalu bagaimana cara membersihkan brush make up yang baik dan benar? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini. 

Brush make up memiliki jenis yang sangat beragam. Ia dibuat khusus menurut kegunaan. Harga kuas make up sendiri tergantung pada jenis bahan dan kualitasnya. Semakin mahal harga, maka semakin bagus pula kualitasnya. 

Benarkah brush make up harus rutin di bersihkan? Ya, benar sekali. Brush make up harus rutin dibersihkan untuk menghindari bakteri bersarang pada kuas. Lalu apa jadinya jika brush make up jarang dibersihkan? 

Cara Membersihkan Brush Make up

Akibat Jika Brush Jarang Dibersihkan

Berbagai masalah kulit akan muncul jika kamu malas membersihkan alat make up khususnya brush. Salah satu masalah kulit yang sering timbul adalah jerawat dan iritasi kulit. 

Baca juga: 15 Foundation yang Bagus untuk Kulit Kering

Tak hanya itu, banyaknya sisa make up yang menempel pada brush akan membuat pori-pori kulit tersumbat. Akibatnya, banyak muncul komedo dan penumpukan bakteri. 

Masalah lain yang mungkin bisa timbul akibat kamu malas membersihkan brush make up adalah:

1. Bisa Menyebabkan Kulit Rusak 

Brush yang kotor sangat tidak baik diaplikasikan ke kulit wajah. karena ia dapat menyebabkan kulit  jadi rusak. Tak hanya itu, sinar UV dapat secara bebas masuk ke dalam kulit hingga berdampak pada timbulnya noda dan kerutan di wajah.

Masalah lain yang mungkin bisa timbul akibat kamu kurang rajin membersihkan brush ialah infeksi kulit. Infeksi ini diakibatkan oleh semakin menumpuknya kotoran diwajah akibat brush yang kotor.

Tak main-main loh, infeksi kulit akibat brush kotor akan menimbulkan masalah kesehatan tubuh seperti radang paru-paru hingga kelumpuhan. Serem banget kan.

2. Iritasi Kulit pada Wajah

Si pemilik kulit wajah sensitif sangat rentan terhadap berbagai masalah kulit yang di timbulkan dari brush yang kotor. Mereka biasanya akan mengalami kondisi kulit seperti gatal-gatal, kulit kering dan ruam.

Iritasi kulit ini biasanya muncul akibat adanya bakteri yeast atau ragi yang terdapat pada alat make up terutama brush. Jika ini terus dibiarkan, akan semakin memperparah kondisi kulit wajahmu yang sensitif.

3. Brush Menjadi Cepat Rusak

Jika kamu malas membersihkan alat make up terutama brush, lama kelamaan ia akan menjadi kering dan kaku. Hal ini kemudian berdampak pada hasil riasan menjadi kurang maksimal. 

Cara Membersihkan Brush Make Up

Cara Membersihkan Sponge Make up

Setelah membahas soal dampak dari jarang membersihkan brush make up, kini kita lanjut ke cara memberishan brush make up yang baik dan benar. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Siapkan air hangat secukupnya, basahi brush dan spon make up kamu
  • Siapkan sabun, shampoo atau brush cleanser dan tuangkan pada telapak tangan
  • Cuci bersih brush dan spon make up kamu dengan melakukan pijatan lembut
  • Setelah dirasa bersih, kemudian bilas menggunakan air
  • Ulangi jika kamu merasa brush masih kurang bersih
  • Setelah benar-benar bersih, peras dengan menggunakan handuk bersih
  • Keringkan brush dengan posisi menggantung

Cara Membersihkan Sponge Make up Atau Beauty Blender 

Apa bedanya make up sponge dan beauty blender? Untuk sponge make up bisanya hanya dapat digunakan dalam satu kali pakai. Selain itu, harganya juga sangat murah. 

Sedangkan beauty blendr harganya lebih mahal dan dapat digunakan hingga 4 bulan lebih. Beauty blender dan sponge make up teksturnya sama-sama lembut, namun soal ketahanan lebih awet beauty blender. 

Karena digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka kamu harus rajin mencucinya. Cara membersihkan sponge make up atau beauty blender dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan Sabun Baby Wash

Cara ini hampir sama dengan membersihkan brush make up. Yaitu dengan cara membasahi sponge dengan air lalu diberi sabun. Setelah itu, baru diremas-remas hingga semua sisa make up hilang. Ulangi hingga bersih lalu keringkan dengan handuk.

2. Menggunakan Olive Oil 

Selain body wash, kamu juga dapat membersihkan beauty blender dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup dengan mencapur cairan pencuci piring dengan 2 sendok makan olive oil lalu cuci beauty blender dengan cara dipijat. Setelah bersih, bilas lalu keringkan.

3. Menggunakan Microwave 

Membersihkan sponge make up dengan microwave ini dapat membersihkan sisa make up juga membunuh bakteri. Kamu hanya perlu menyiapkan wadah berisi air dan sabun lalu masukkan ke dalam microwave plus sponge make up.

Biarkan selama kurang lebih satu menit lalu keluarkan dari dalam microwave. Biarkan hingga agak dingin kemudian remas sponge make up hingga bersih. Bilas dengan air bersih atau ulangi jika belum terlalu bersih. 

Cara Menyimpan Brush Make up

Cara Menyimpan Brush Make up

Selain dibersihkan, brush make up juga perlu disimpan dengan baik. Cara menyimpan brush make up dapat kamu lakukan dengan menaruhnya dalam tas khusus brush make up. Tas ini biasanya berbentuk tabung kaca kedap udara.

Setalah membeli brush make up baru, jangan langsung dipakai melainkan harus dibersihkan terlebih dahulu. Cara membersihkan kuas make up baru beli diharapkan dapat menghilangkan zat kimia serta kotoran yang menempel.

Selian itu, jauhkan brush make up dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat berdampak pada cepat rusaknya brush make up kamu. Terakhir, bersihkan brush make up secara berkala selama satu minggu sekali.

Tips Memilih Brush Make up yang Bagus

Pilih jenis brush make up yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu memilih flat brush untuk pengaplikasian foundation. Atau fan brush untuk mengaplikasikan jenis make up tabur.

Selain jenis kuasnya, perhatikan juga bulu kuas yang akan kamu pakai. Bahan bulu kuas biasanya terdiri dari dua macam yaitu syntetic bristle dan natural bristle. Keduanya memiliki manfaat dan kelembutan yang berbeda-beda.

Untuk kuas dengan tipe synthetic bristle biasanya khusus untuk jenis make up bertekstur cair. Sedangkan natural bristle untuk jenis make up bertekstur tabur. Untuk kamu pemilik kulit sensitive pastikan memilih brush dengan kuas sintetis.

Brush make up yang bagus biasanya dihargai sedikit mahal daripada brush yang biasa. Namun demi kenyamaan dan efek jangka panjang, menurut saya tidak masalah jika kita membeli dengan harga yang sedikit mahal.

Brush make up bermerk biasnya memiliki kualitas bahan yang sangat bagus dengan bulu super lembut. Ia juga tidak menimbulkan iritasi pada kulit akibat kandungan bahan-bahan kimia.

Itulah tadi ulasan seputar cara membersihkan brush make up dengan baik dan benar. jangan lupa untuk mengganti brush make up kamu jika sudah tidak layak pakai atau bulu sudah rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *