Apa itu Ghosting dalam Hubungan dan Cara Menghadapinya

Baru-baru ini, istilah ghosting sedang ramai diperbincangkan di dunia maya, terutama Twitter. Ada yang mengatakan dirinya baru saja mengalami ghosting. Ada juga yang mengatakan bahwa ia pelaku ghosting.

Nah, sebenarnya apa itu ghosting? Apakah ghosting dapat berdampak buruk? Lalu, jika kita terjebak dalam kondisi ghosting, apa yang harus kita lakukan? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut sampai habis!

Pengertian Ghosting

Dalam sebuah hubungan, apakah kamu pernah diacuhkan seseorang secara tiba-tiba? Ia yang biasanya selalu responsif, entah karena apa tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Lantas, kamu bertanya-tanya, “Dia kenapa? Apa aku ada salah sama dia?”.

Nah, tindakan menghilang secara tiba-tiba ini disebut dengan ghosting. Jadi, nge-ghosting adalah tindakan yang dilakukan seseorang dengan memutus komunikasi secara tiba-tiba tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu.

Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan seseorang akan nge-ghosting. Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah:

  • Jarang atau bahkan tidak pernah menanyakan kabar terlebih dahulu
  • Sebisa mungkin mempersingkat waktu ketika bertemu
  • Sering membatalkan janji secara tiba-tiba
  • Membalas pesan secara singkat
  • Menolak untuk diajak bertemu

Dampak Ghosting

Bagi sebagian orang, ghosting dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengakhiri sebuah hubungan. Namun ternyata, bagi para korban ghosting, dampak ghosting bagi psikologisnya ini sangatlah buruk. 

Para korban ghosting akan merasa sangat dikhianati saat ia sudah berusaha menaruh kepercayaan pada seseorang, tetapi justru ditinggalkan tanpa alasan. Dengan kondisi ini, bisa jadi ia sulit percaya lagi pada orang lain. Ia akan sering negative thinking dan menggeneralisir bahwa semua orang akan melakukan hal yang sama.

Korban ghosting juga akan selalu dihantui berbagai pertanyaan yang menjadi penyebab dirinya ditinggalkan secara tiba-tiba. Ia akan merasa overthinking dan menduga alasan-alasan yang sekiranya ia anggap masuk akal. 

Dan saat itu pula, ia akan merasa insecure dan menyalahkan diri sendiri atas semua yang terjadi. Lebih parahnya lagi, hal ini juga dapat membuat si korban merasa trauma.

Mengingat dampak dari ghosting ini sangatlah buruk, tentu kita tidak ingin terjebak dalam situasi itu terlalu lama, bukan? Untuk itu, kita harus mau berusaha untuk keluar dari kondisi seperti ini. Namun, bagaimana caranya?

Cara Menghadapi Ghosting

Cara Menghadapi Ghosting

Masing-masing orang sejatinya memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghadapi ghosting. Perbedaan tersebut juga dipengaruhi oleh subjek yang melakukan ghosting. Apakah dia teman, pacar, keluarga, atau rekan kerja biasa.

Nah, berikut adalah beberapa cara menghadapi ghosting yang dapat kamu lakukan.

1. Beri mereka tenggat waktu

Untuk sementara, biarkan mereka menghilang. Mungkin mereka membutuhkan waktu untuk me-time. Namun, tetap berikan batas waktu. Kamu dapat mengirimnya pesan untuk menghubungi kamu setelah beberapa minggu atau hari. Jika dia tidak juga menampakkan diri, teguhkan hati untuk mulai meninggalkannya.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri 

Pada dasarnya, kamu tidak memiliki alasan kuat untuk menyalahkan diri sendiri. Semua hanya masih berupa asumsi-asumsi belaka. So, jangan biarkan dirimu menyalahkan diri sendiri yang justru akan membuatmu semakin terluka.

3. Habiskan waktu bersama keluarga atau teman

Cara ini dapat membuat kamu merasa lebih nyaman dan menyadari bahwa masih banyak orang-orang yang sayang dengan kamu. Jangan biarkan ghosting menghilangkan segala kebaikan dan kasih sayang mereka.

4. Mencari bantuan profesional

Jika kondisi ini terus berlarut-larut, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Kamu dapat pergi ke seorang psikolog atau psikiater.

Jadi, nge-ghosting artinya tindakan seseorang yang menghilang secara tiba-tiba tanpa ada penjelasan. Tindakan ghosting memang memberikan dampak yang buruk. Untuk itu, jika kamu sedang mengalami ghosting, kamu harus cepat-cepat keluar dari kondisi tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu ghosting, dampak, dan cara menghadapinya. Sekian dan jangan lupa untuk selalu cinta dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *